Selasa, 23 September 2014

Aspek Perkembangan




Aspek Perkembangan
·         Behavioristik : penekanan pada perilaku
Ø  Perkembangan bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan internal
·         Psikoanalisa : lebih mengutamakan pengaruh internal
Ø  Id : pengalaman masa lalu, dorongan, pertimbangan
Ø  Ego : tampilan dari diri kita yang dipengaruhi oleh id
Ø  Super – ego : norma-norma, aturan, pertimbangan, etika
·         Humanistik : bahwa manusia itubadalah positif memliki potensi/kemampuan.
Ø  Semua manusia mempunyai potensi positif tapi tidak semua menyadarinya
·         Emosi yang terbentuk:
Ø  Menurut behavioristik            : pengaruh lingkungan
Ø  Menurut psikoanalisa             : pengaruh dinamika
Ø  Menurut humanistik               : pengaruh belum menyadari potensi diri
·         Perkembangan fisik : periode kematangan
·         Periode kritis : periode kematangan
Ø  Bayi : perkembangan pesat terkait dengan otak
Ø  Awal anak : kemampuan mengontrol bladder dan bowel (BAK dan BAB)
Ø  Pertengahan : perkembangan motorik lebih halus dan terkoordinasi
Ø  Remaja : diawali masa pubertas – hormon seks – ciri seks primer & sekunder
Ø  Dewasa awal : kemampuan fisik mencapai titik puncak (usia 20 tahun)
Ø  Dewasa madya : penurunan aktivitas seksual

·         Perkembangan kognitif
Ø  Tokoh Jean Peaget : menekankan pada perkembangan berfikir individu
·         Perkembangan sosioemosional
Ø  Meliputi perkembangan diri (self), emosi dan relasi dengan lingkungan
·         Teori psikoanalisa
Ø  Pengalaman sebelumnya dengan orangtua secara ekstensif membentuk perkembagan individu
Ø  Ada 2 tokoh psikoanalitis yang akan dijelaskan :
§  Sigmund Freud            : psikoseksual
§  Erik Erikson                 : psikososial





·         Pengarai (temprament) adalah suatu gaya perilaku individual dan cara merespon yang khas yang dimulai sejak lahir
·         Behaviosisitik (perilaku dan belajar)
Ø  Contoh reward : nilai yang bagus sebelum belajar, diberikan setelah terjadi
·         Perilaku X : kosekuensi = punishment : mengurangi kecenderungan munculnya perilaku x
Ø  Cotoh : melakukan untuk mencoba hal yang buruk lalu mendapat hukuman
·         Hukuman (punishment) harus seimbang
·         B. Teori kognitif sosial (A. Bandura)
Ø  Faktor penting dalam perkembangan individu : perilaku, lingkungan, kognisi
·         Modeling : individu belajar observasi
·         Ekologi
Ø  Tokohnya Urie Bronfenbrener adalah menekankan pengaruh lingkungan pada perkembangan
Ø  Kronosistem : individu :          Makrosistem
Ekosistem
Mesosistem
Mikrosistem

·         Mikrosistem : lingkungan tempat individu hidup meliputi keluarga 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar