Aspek
Perkembangan
·
Behavioristik
: penekanan pada perilaku
Ø Perkembangan bisa dipengaruhi oleh
lingkungan dan internal
·
Psikoanalisa
: lebih mengutamakan pengaruh internal
Ø Id : pengalaman masa lalu, dorongan,
pertimbangan
Ø Ego : tampilan dari diri kita yang
dipengaruhi oleh id
Ø Super – ego : norma-norma, aturan,
pertimbangan, etika
·
Humanistik
: bahwa manusia itubadalah positif memliki potensi/kemampuan.
Ø Semua manusia mempunyai potensi
positif tapi tidak semua menyadarinya
·
Emosi
yang terbentuk:
Ø Menurut behavioristik : pengaruh lingkungan
Ø Menurut psikoanalisa : pengaruh dinamika
Ø Menurut humanistik : pengaruh belum menyadari potensi
diri
·
Perkembangan
fisik : periode kematangan
·
Periode
kritis : periode kematangan
Ø Bayi : perkembangan pesat terkait
dengan otak
Ø Awal anak : kemampuan mengontrol
bladder dan bowel (BAK dan BAB)
Ø Pertengahan : perkembangan motorik
lebih halus dan terkoordinasi
Ø Remaja : diawali masa pubertas –
hormon seks – ciri seks primer & sekunder
Ø Dewasa awal : kemampuan fisik
mencapai titik puncak (usia 20 tahun)
Ø Dewasa madya : penurunan aktivitas
seksual
·
Perkembangan
kognitif
Ø Tokoh Jean Peaget : menekankan pada
perkembangan berfikir individu
·
Perkembangan
sosioemosional
Ø Meliputi perkembangan diri (self),
emosi dan relasi dengan lingkungan
·
Teori
psikoanalisa
Ø Pengalaman sebelumnya dengan orangtua
secara ekstensif membentuk perkembagan individu
Ø Ada 2 tokoh psikoanalitis yang akan
dijelaskan :
§ Sigmund Freud : psikoseksual
§ Erik Erikson : psikososial
·
Pengarai
(temprament) adalah suatu gaya perilaku individual dan cara merespon yang khas
yang dimulai sejak lahir
·
Behaviosisitik
(perilaku dan belajar)
Ø Contoh reward : nilai yang bagus
sebelum belajar, diberikan setelah terjadi
·
Perilaku
X : kosekuensi = punishment : mengurangi kecenderungan munculnya perilaku x
Ø Cotoh : melakukan untuk mencoba hal
yang buruk lalu mendapat hukuman
·
Hukuman
(punishment) harus seimbang
·
B.
Teori kognitif sosial (A. Bandura)
Ø Faktor penting dalam perkembangan
individu : perilaku, lingkungan, kognisi
·
Modeling
: individu belajar observasi
·
Ekologi
Ø Tokohnya Urie Bronfenbrener adalah
menekankan pengaruh lingkungan pada perkembangan
Ø Kronosistem : individu : Makrosistem
Ekosistem
Mesosistem
Mikrosistem
·
Mikrosistem
: lingkungan tempat individu hidup meliputi keluarga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar