Selasa, 23 September 2014

Teori Utama Dalam Perkembangan Manusia II



·      



Teori-Teori Utama Dalam Perkembangan Manusia II




        Teori etologi
Ø  Etologi merupakan bahwa perilaku sangat dipengaruhi oleh biologi, terkait dengan evolusi, dan ditandai dengan periode kritis atau sensitif. Periode ini merupakan jangka waktu spesifik, yang menurut etologi, ada atau tidaknya pengalaman tertentu akan memiliki dampak jangkan panjang bagi individu.
·         Teori ekologi
Ø  Sementara etologi mengedepankan faktor biologis, teori ekologi mengendepankan faktor lingkungan. Salah satu teori ekologi yang memberikan pengaruh penting dalam pemahaman mengenai perkembanagan masa hidup dicetuskan oleh Urie Brondenbrenner (1917-2005). Teori ekologi bronfenbenner menyatakan bahwa perkembanagn mencerminkan pengaruh dari sejumlah sistem lingkungan. Teori tersebut mengidentifikasikan lima sistem lingkungan : mikrosistem, mesosistem, ekossitem, makrosistem, dan kronosistem.

·         Sebuah orientasi teoretis eklektik
Ø  Tidak satupun teori yang diejlaskan di bab ini dapat sepenuhnya menjelaskan seluruh kompleksitas perkembangan masa hidup, namun masing-masing teori memberikan kontribusi yang berarti terhadap pemahaman kita mengenai perkembangan. Teori pskionalisis menjelaskan dengan baik pikiran-pikiran tidak sadar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar