Rabu, 24 September 2014

Perawatan Bayi dengan Berat Badan Rendah dan Prematur


Perawatan Bayi dengan Berat Badan Rendah dan Prematur


Dua intervensi yang semakin sering digunakan di unit perawatan intensif untuk bayi-bayi yang baru lahir adalah perawatan kangguru dan terapi pemijatan. Perawatan kangguru adalah teknik menggendong bayi yang melibatkan kontak kulit ke kulit, dengan bayi hanya mengenakan popok, digendong dalam posisi tegak menempel ke dada orangtuanya, menyerupai bayi kangguru yang digendong oleh induknya. Perawatan kangguru biasanya dilakukan selama dua hingga tiga jam per hari selama jangka waktu tertentu diawal masa bayi. 

Bayi-bayi prematur sering kali mengalami kesulitan untuk mengkoordinasikan laju pernapasan dan detak jantungnya, maka kontak fisik yang rapat dengan orangtuanya selama perawata kangguru dapat membantu menstabilkan detak jantung, temperatur, dan pernapasan bayi prematur. Bayi-bayi prematur yang mnerima perwatan kangguru juga mengalami pertambahan berat badan lebih banyak dibanding bayi-bayi prematur yang tidak menerima perawatan ini. Studi baru-baru ini juga mengungkapkan bahwa perawatan kangguru mengurangi respon kesakitan dari bayi-bayi prematur. 

Banyak orang dewasa yang akan memepercayai efek terapeutik dari perawatan pemijatan. Faktnya, banyak dari mereka yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan pemijatan di spa secara rutin. Tapi, dapatkah perawatan pemijatan berperan penting untuk meningkatkan hasil-hasil perkembangan dari para bayi prematur?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar