Selasa, 23 September 2014

Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia

PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN MANUSIA

Perkembangan adalah : Urutan perubahan yang “Progesik” dan terjadi sebagai hasil dari kematangan dan belajar (pengalaman) sejak masa konsep dam berlanjut sepanjang siklus kehidupan. Perkembangan merupakan produk dari proses bioogis, kognitif, dan sosioemosional.
Contoh dari Perkembangan itu adalah : Anak yang berumur 14 tahun tetapi mempunyai pikiran yang sudah berumur 17 tahun berarti anak tersebut mengalami pertumbuhan.

Beberapa sikap perkembangan individu :
a)      Teratur (sistematis dan komunatif)
b)      Menetap dan tidak dapat di putar kembali
c)       Makin kompleks dan makin terdifferensiasi

Sebenarnya perkembangan dan pertumbuhan manusia dapat dipengaruhi oleh lingkungan ataupun diri sendiri, penjelasannya yaitu:
1.       Nature : Faktor keturunan atau bawaan dari orang tua.
2.       Nuture : Lingkungan (simulasi), dan pembentukan lingkungan pada masing-masing individu.

Tempramen (Sifat Dasar) adalah aksi-aksi memperkuat temperamen yang sudah di bawa arah saat dalam kandungan. Sebenernya tempramen itu mendapatkan repon dari orang tua.
Kematangan Pertumbuhan muncul karena : kultur, stimulasi, nuture (Lingkungan) yang bagus.

Contoh dari kematangan Pertumbuhan:
1.       Mengapa jika anak kecil di ajak oleh orang tuanya ke suatu tempat dan anak kecil itu melihat sesuatu yang diinginkan tetapi tidak di penuhi dia akan menangis?
·         Jawabannya adalah karena Dari keinginan yang besar dan anak kecil memiliki egosentris sehingga dia masih belum memiliki pertimbangan tertentu untuk memperoleh yang diinginkan, sedangkan pertimbangan-pertimbangan tersebut sudah dilakukan oleh orang tuanya dengan kata lain seorang anak belum mengerti apa yang baik untuk dia dan apa yang dia butuhkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar